Desa Sambeng gelar acara musrenbangdes Tahun Anggaran 2020

sambeng.desa.id – Bertempat di Balai Desa Sambeng, kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang. Rabu (27/11) menyelenggarakan Musrenbangdes yang dihadiri oleh Kepala Desa Sambeng beserta perangkat, BPD, LPMD, KPMD, PKK, Karang Taruna, Penggiat posyandu, Tomas Dan Toga Desa Sambeng. Selain itu di hadiri juga oleh Pendamping Kecamatan Tim II yang terdiri dari Sekcam, Pendamping Desa, Pendamping Luar Desa

Kegiatan Musrenbangdes 2019 sendiri dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Desa Sambeng untuk membentuk rumusan program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Kegiatan ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Musyawarah Desa (Musdes) yang telah dilaksanakan di Desa Sambeng.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya kemudian sambutan dari Kepala Desa. Kepala Desa Sambeng, Slamet Khasani pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam Musrenbangdes kali ini. Kades Juga memaparkan rencana program tahun 2019 serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif memberikan masukan demi kemajuan desa.

“Forum ini mari kita gunakan untuk saling bermusyawarah dan mendiskusikan program-program prioritas yang akan kita laksanakan kedepannya. semua yang hadir pada hari ini silahkan memberikan usulan-usulan yang membangun untuk kemajuan Desa Sambeng,” tegasnya.

Fhoto suasana Musrenbangdes Sambeng pada Rabu (27/11/2019) di Pendopo Balai Desa Sambeng. (doc : Te Tuko)

Sementara itu, Penetapan pelaksanaan kegiatan pembangunan 2019 yang menjadi dasar RKPDes Tahun 2019 serta perencanaan usulan tahun 2020 dipaparkan dengan lugas oleh sekretaris Desa ,Ali Komarudin. Apa yang beliau sampaikan adalah merupakan rekapitulasi hasil usulan masyarakat dalam pelaksanaan Musdes yang telah dipilah-pilah sesuai dengan kewenangan. Baik yang masuk menjadi kewenangan desa dan akan dibiayai dari APBdes maupun yang akan dibawa ke dalam Musrenbang Kecamatan, karena usulan yang dimaksud masuk dalam kewenangan pemerintah di atasnya.

Pendamping Desa (PD), Ikmal ketika memberikan sambutannya menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk bisa berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan desa agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat sesuai visi dan misi desa Sambeng.

Adapun usulan yang telah di sepakati dalam acara tersebut anatara lain meliputi : Fisik = Rabat Beton Jalan Tembus Desa Sambeng (Kec. Bantarbolang) – Desa Mangli (Kec. Randudongkal). Non Fisik = Pelatihan Ketrampilan Menjahit.

Dengan selesainya Musrenbangdes 2019 untuk penyusunan RKPDes tahun 2020, tahapan selanjutnya adalah membawa usulan-usulan tersebut dalam Acara Perangkingan Di Musrenbang tingkat kecamatan oleh Delegasi Atau Perwakilan Desa yang sudah di tunjuk dan disepakati oleh warga. secaara singkat, Kegiatan Musrenbangdes tahun 2019 ini dapat diikuti oleh peserta dengan sangat antusias, terbukti semua peserta mengikuti acara sampai selesai.

Salam

Admin Desa

About AdminDesa 24 Articles
Desa sambeng menuju desa yang lebih baik dari segala bidang baik ekonomi pendindikan agama lingkungan dan olah raga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*