PMI Kabupaten Pemalang Mengadakan Donor Darah Di Desa Sambeng

Rabu, 23 April 2018 kegiatan donor darah rutin kembali dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pemalang di Kantor balaidesa Sambeng. Terlihat antusiasme warga berpartisipasi mendonorkan darahnya,tak mau ketinggalan pula segenap perangkat desa, PKK, dan lembaga desa lainnya. Kegiatan donor darah di Desa Sambeng memang telah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap 4 bulan sekali.

Salah Satu pendonor sedang di cek kesehatannya oleh petugas PMI
Salah Satu pendonor sedang di cek kesehatannya oleh petugas PMI. (doc: TeTuko)

 

Seperti biasa sebelum kegiatan donor darah di mulai, petugas dari PMI dari Kabupaten Pemalang menjelasakan kepada para pendonor, tentang hal hal yang harus di ketahui sebelum mendonorkan darahnya dan berbagai manfaat donor darah. Petugas PMI menjelaskan bahwa hal yang perlu di perhatikan saat mendonor darah adalah kondisi kesehatan yang baik, berat badan memadai minimal 45 kg dan usia sekitar 17 sampai dangan 60 tahun, sehingga sebelum melakukan donor, petugas PMI akan mengecek terlebih dulu apakah si pendonor kondisinya baik, sehingga layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak.

Selain itu petugas juga menjelaskan berbagai manfaat donor darah kepada pendonor, antara lain :

  1. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah,
  2. Menurunkan resiko kanker,
  3. Membantu menurunkan berat badan,
  4. Mendeteksi penyakit serius,
  5. Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia

Selain untuk kegiatan sosial, kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dan manfaat darah bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu Pemerintah Desa Sambeng akan terus memfasilitasi kegiatan donor darah tersebut. (Te Tuko)

*

AdminDesa

Desa sambeng menuju desa yang lebih baik dari segala bidang baik ekonomi pendindikan agama lingkungan dan olah raga

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *